Sinar Mas vs Green Peace

Dalam Buletin Greenpeace edisi 3 tahun 2010 ada artikel yang menarik tentang penjahat lingkungan si Raja Pembabat Hutan, the SInar Mas Group. Disebutkan, Sinara Mas sangat lekat dengan kehancuran jutaan hektar hutan tropis Indonesia, lahan gambut, dan habitat satwa liar untuk perkebuna kelapa sawit.

Sebenarnya perang ini sudah terjadi lama. Sebagai organisasi independen yang peduli lingkungan, Greenpeace bergerak untuk menghentikan langkah PT Sinar Mas merusak hutan dengan memberikan data-data pelanggaran PT Sinar Mas (kampanye) pada buyer2 utama. Akibatnya beberapa perusahaan besar yang memebeli minyak sawit dari PT Sinar Mas melakukan penghentian pembelian pada PT Sinar Mas, seperti Kraft, Unilever, dan Nestle. Tentu saja PT Sinar Mas mencak-mencak dan menuding Greenpeace menakut-nakuti buyer dan (mungkin mengerahkan) asosiasi petani sawit untuk menyerang Greenpeace dengan memboikot produk-produk perusahaan yang menghentikan pembelian minyak sawit dari PT Sinar Mas.

Dalam perjalanan saya ke Tangkahan, saya memang takjub dengan perkebunan kelapa sawit yang maha luas itu.. tapi begitu saya masuk hutan Tangkahan, saya jadi sedih… ditambah lagi saat saya melihat bermacam burung dan mendengar suara-suara serangga dan sesekali suara apes (entah itu orang utan atau jenis kera lain) saya membayangkan betapa dulu kebun sawit itu adalah juga hutan seperti Tangkahan.

Hutan tropis yang menyediakan berbagai kehidupan hayati, bermacam tanaman obat, dan memperlambat perubahan iklim global di babat untuk kepentingan bisnis. Sebenarnya PT Sinar Mas, sebagai perusahaan raksasa yang kaya bisa bertindak lebih bijaksana dengan mengembangkan departemen Research and Technology (I believe they have any) untuk mengadakan riset untuk mengoptimalkan lahan sawit yang sudah ada, tanpa membuka lahan baru. Entah itu intensifikasi atau inovasi lain, tapi jelas bukan dengan ekstensifikasi. Tapi rupanya PT Sinar Mas terlalu pelit untuk mengambil sedikit saja laba untuk program riset ini dan lebih memilih membuka hutan (dengan sogokan ke pemerintah dll) yang pasti lebih murah.

Saya tidak mau hanya bisa berbicara, saya mendukung langkah Greenpeace untuk memerangi penjahat lingkungan ini. Sebagai office manager di tempat saya bekerja, saya mulai memilah-milah dan mulai mengganti produk PT Sinar Mas yang kami pakai dengan produk lain yang lebih ramah lingkungan.

Beberapa produk Sinar Mas :

KERTAS 
Absolute, Golden Star Extra, BOLA DUNIA, PAPERLINE, Green Lucky Boss, PAPERLINE 2000, Briliant Laser, IK Blue, PAPERLINE Bilingual, Britex, IK Copy, PAPERLINE Blue, Copy Mate, IK Plus, PAPERLINE Global, Copy Paper, IK yellow, PAPERLINE Pelangi, e-Paper, Instant Preprint, Excelpro Recycle, Lucky Boss, Proprint, Galaxy Brite, Galaxi Plus, Galaxi Star, MIRAGE, Office Print, Paper Plus, Pro print, Sinar Brite, Sinar Copy, SINAR DUNIA, Excel Pro

TISSUE
PASEO, Joly, Nice, Toply,

STATIONARY
Sinarline, Inspira

HOME CONSUMER
Minyak goreng FILMA, KUNCI MAS, Mitra, Smart Recipes
Margarine Palmboon, Menara Eifel, Palmvita, Mitra, Delicio, Delicoa
Goodfry, I-SOC

Saya tidak mempropaganda teman-teman, tapi jika memang teman2 MP peduli lingkungan.. sebaiknya memakai produk yang ramah lingkungan juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s