Rumus Cin(Ki)ta

Bukan perkara mudah mengganti variabel dalam rumus kita.

X+Y=US

Rumus sederhana buatan tangan kita, menyadur dari rumus sederhana matematika yang sekonyong-konyong tecipta saat kita berikrar. Jika X adalah aku, Y adalah kamu, maka US adalah kita. Rumus ini bertahann bertahun-tahun lamanya mendekati abadi.. #ah semoga saja tidak, semoga ada yang mematahkan rumus ini.

Entah cacat apa yang ada dalam rumus itu sehingga variabel yang kita ciptakan terlalu sempurna, menyebabkan substitusi variabel tidak memungkinkan untuk mencapai nominal linear yang kita harapkan, bahkan dengan peletakan koefisien yang sebetulnya membuat rumus itu lebih stabil.

Pernah aku mengganti variabel Y dengan Z sehingga memberntuk rumus baru X+Z, tapi tahukah kamu bahwa hasilnya bukan US… ah tentu saja kamu tahu hasilnya bukan US. Dan kamu juga bercerita bahwa variabel yang menemanimu sekarang ini juga membuat rumus kita timbang, bahkan dengan koefisien penstabil yang kau kandung sekarang ini.. semakin membuat persamaan kita tidak linear, tapi jadi zig zag.

Apakah seharusnya kita memboangkar rumus ini? mengembalikannya pada angka netral? Tapi mungkinkan NOL BESAR adalah nominal terbaik? Itu juga yang menjadi masalah.

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s