There’s always good in “goodbye”

When is the last time I say goodbye?

Perpisahan memang menyisakan kesedihan, tapi perpisahan itu tidak selalu buruk. Itu pilihan yang saya ambil dini hari tadi, beberapa saat sebelum mematikan lampu dan memejamkan mata.

Semalam saya kumpul dengan gank bulukan saya, namanya gank jompo. Bukan untuk ngobrolin hal yang gak penting dan cekakak cekikik sampai diusir satpam seperti biasanya tapi untuk melepas kepergian dua anggota gank jompo yang akan pergi meninggalkan kota Surabaya.

Ninot, dia akan pulang ke Medan menghentikan sepak terjangnya macarin brondong dan serius untuk berlabuh dan menghabiskan sisa hidupnya dengan Matt, monyet amriknya. Sedangkan Ledy, akan dipindahtugaskan ke Bali, naik pangkat!

Bicara jujur, saya sedih. Males berhadapan dengan yang beginian. Tapi bukankan hidup itu seperti ini selamanya? Hukum kausalitas masih sahih dijalankan. Saya bertemu mereka, juga harus berpisah dengan mereka, entah itu kapan dan bagaimana.

3 tahun bukan waktu yang sebentar, banyak tawa, tangis, pertengkaran dan tragedi dalam pertemanan kami. Entahlah, apakah ini membuat kami semakin mengerti tentang arti persahabatan ataukah membuat kami menjadi manusia-manusia kerdil yang gagal menangkap pelajaran dari setiap kejadian yang terjadi.

Kami sudah membuat time capsule, tujuh tahun lagi dari Desember 2010 kami akan bertemu.. membuka time capsule dan mentertawakan semuanya! Siapa kira-kira yang mendekati apa yang ditulis dalam time capsule itu. Mungkin perpisahan ini adalah jalan semesta untuk mewujudkan apa-apa yang kami tulis dalam time capsule untuk tujuh tahun, tepatnya lima tahun mendatang.

Sebelum memejamkan mata, saya memilih untuk membuat semuanya jadi indah. Disini, dihati dan pikiran saya. Perpisahan ini baik! itu mantra yang saya ucapkan beberapa kali sebelum saya pulas. Saya tidak memilih untuk mengikuti perasaan saya, thanks to Kenchoz yang sudah jadi rem buat saya untuk tidak menye2 semalam. Seperti yang saya bilang.. saya memilih untuk membuat perpisahan ini : BAIK.

Image

2 thoughts on “There’s always good in “goodbye”

Leave a Reply

