What is God?

Bertolak dari blog yang saya baca tentang manusia timah di tempat Monik. Saya jadi pengen menggambarkan Tuhan dari sudut pandang saya.

Bermula dari penglihatan-penglihatan mahluk luar angkasa dan kejadian lain yang sulit diterima akal (karena ilmu pengetahuan belum bisa menjabarkannya, mungkin) timbul sebuah pertanyaan; do they exist?

Saya menjawabnya : Ada. Mereka ada. Sama seperti keberadaan dinosaurus dan manusia purba, saya mempercayai keberadaan UFO dan alien. Bahkan saya juga percaya, di sebuah tempat, ada mahluk lain yang belum kita ketahui keberadaannya sedang merajut hidup. Mungkin sekelompok lendir berbudaya dan berteknologi tinggi, atau kelompok sinar yang hidup berkoloni.

Lalu apa hubungannya dengan Tuhan? Well, sebelumnya saya minta maaf kalau misalnya saya menyinggung penganut agama tertentu, tidak ada maksud menghina sama sekali. Ini murni cuman sharing pendapat.

Manusia mengenal Tuhan melalui kitab sucinya. Kitab suci, menurut manusia adalah dalil yang mutlak. Hukum absolut yang tidak bisa ditawar lagi kebenarannya. Apa yang ada di dalam kitab suci harus diyakini.

Tapi manusia sering lupa bahwa Tuhan itu nyentrik. Pernah tidak menemukan kisah dalam kitab suci yang rasanya tidak masuk akal? Misalkan saja, konsep dosa adalah ganjarannya neraka. Saya ingat ada kisah dari saudara muslim tentang perempuan tuna susila yang masuk surga gara-gara memberi minum anjing (binatang yg patut dihindari) yang hampir mati. Atau dalam kitab suci umat Kristen tentang kisah penjahat berdosa besar yang disalib bersama-sama Tuhan Yesus, yang pada akhirnya diajak ke surga karena mengakuiNya sebagai Tuhan pada detik-detik kematiannya.

Manusia lupa bahwa Tuhan itu nyentrik. Pada ras yang sama : manusia, Tuhan bisa memberikan pemahaman yang berbeda tentang diriNya. Jika ini bisa dilakukanNya, maka tidak menutup kemungkinan bahwa Tuhan juga membuat ciptaan lain nun jauh disana, diluar jangkauan manusia, ras lain yang tidak kita ketahui bentuknya yang diberiNya pemahaman 180 derajat berbeda dengan pemahaman manusia tentang Tuhan, bisa jadi mereka punya agama dan kepercayaan serta kitab yang berbeda pula.

Tidak salah mengikuti tuntunan kitab suci untuk memahami ketuhanan Tuhan karena kita diciptakan sebagai ras homo sapiens. Tapi berpikr global tentang Tuhan, keluar dari kitab suci juga tidak masalah sebab Tuhan itu nyentrik, maha besar, maha bisa dan tidak satu mahluk pun mampu memahami pikiranNya yang maha luas, err… bisa jadi maunya Tuhan seperti itu sehingga dia menciptakan kubikel yang bernama kitab suci. Pengetahuan manusia tentang Tuhan dibatasi oleh Tuhan sendiri melalui kitab suci. Who knows?

14 thoughts on “What is God?

  1. Tuhan itu unpredictable ya, kadang orang2 berdebat mana yg salah mana yg benar, padahal yg tahu kebenaran mutlak itu cuma Tuhan. Kita hanya bisa meyakini.
    Terima kasih sudah bikin tulisan rujukan buat tulisan saya ya. Ide-ide sampeyan fleksibel, ga radikal gitu. Mirip kayak pemikirannya Agus Mustafa.

    1. heheheh… makasih ya Mon, kamu sudah kasih ide buat nulis ini😛
      Makanya saya heran kok bisa sih manusia gontok2an cari siapa yang paling benar, lha wong mereka kenal Tuhannya hanya sebatas kitab suci aja kok..

  2. ada sesuatu yang pada dasarnya tidak untuk diperdebatkan, agama dan keyakinan adalah salah satunya. kenapa? menyangkut emosi masing-masing dan keegoisan masing-masing. susah menurutku kalau sampai membahas ini tanpa debat jika yang terlibat telah memasukkan unsur emosi mereka.

  3. Semakin kamu merasa bisa mendefinisikan Tuhan, semakin kamu menjauh tak mengenal-Nya. As simple as that. Nggak perlu memaksa Tuhan masuk dalam logika.

  4. Ijin meng copy beberapa lines diatas ya, tapi dengan sedikit atau banyak gubahan disana sini nya boleh? [mau ta tulis skrg, mungkin anda blm menjawab permintaan ijin dari saya, gak papa ya?] trims…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s