Don’t start this war, please…

Sekali lagi logika dan nurani dibenturkan… Sangat keras. Dua pendulum yang berbeda kiblat itu kembali meregang, bersiap menunggu momentum tabrakan sambil terus menabuh genderang perang karena sebuah pemicu; hadirnya masa lalu.

Koloseum batin sudah tidak digunakan bertahun-tahun, menganga terbuka merindukan luka. Mungkin Semesta, Sang Begawan perang sedang kesepian, dia ingin sedikit bermain dengan perang ringan; menguji kekuatan dua muridnya : logika dan perasaan. Apakah setelah sekian lama, peta kekuatan itu berubah. Dia ingin tahu.

Sang begawan menggunakan umpan berupa masa lalu yang indah, ditempatkannya dia di saat yang tepat. Saat ini.

Persiapan perang sudah dimulai begitu masa lalu hadir. Benteng logika mulai membangun reruntuhannya dari kekalahan perang sebelumnya. Dan sang pemenang dari pertempuran terakhir, perasaan, dengan pongahnya menebar spionase, meretas syaraf dan mulai menguasai indera, menghitung kans kemenangan sambil sesekali meneropong keadaan masa lalu.

Sang begawan sepertinya sudah memasang taruhan; siapa yang akan menang dalam pertempuran kali ini. Tak kalah pongah, bertingkah seolah-olah dia yang mengendalikan takdir. Menang kalah bukan masalah. Tidak ada urusan. Yang penting dia disuguhi sebuah pertempuran yang mengibur.

Wahai Perasaan, semangatmu patut diacungi jempol, tapi kamu terlalu membabu buta. Kemenangan-kemenangan yang kamu peroleh itu fana. Dan pada akhirnya tidak bermakna.

Dan kau Logika, strategi petempuranmu terlalu kuno. Kamu tidak inofatif mencari cara mengalahkan musuhmu dengan jitu. Kamu tidak cakap dalam berunding, kata-katamu loyo.

Pada akhirnya, kemenangan bukanlah apa-apa. Siapapun yang menang adalah pemenang pertempuran semu. Kosongkanlah medan pertempuran segera, jangan tertarik dengan umpan masa lalu dari sang Begawan.
Kasihanilah aku, biarkan aku damai untuk sejenak.Image

6 thoughts on “Don’t start this war, please…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s