Over, will always dire….

Kalo orang awam bilang ini nurani, ada yang bilang hati kecil, ada juga yang bilang malaikat penjaga..

The purest spirit, masing-masing orang pasti memilikinya. Maling sandal, Al Pacino, mother Theresa, Mahatma Ghandi, atau bahkan Sang Sidharta Gautama sekalipun. Seringkali manusia menganggap apa yang dikatakan oleh pure spirit ini yang paling benar.

Kehadirannya tidak bisa dikontrol. Saat terjadi perang batin, manusia merenung, berdiam diri mencari jawaban dari hati nurani. Tapi seringkali pula saat diharapkan suaranya, hati nurani bungkam. Sebaliknya saat yang tidak dinyana-nyana dalam kondisi yang tidak diharapkan, tiba-tiba nurani muncul, meracau seenak jidatnya nunjukin mana yang benar mana yang salah.

Beberapa bulan ini entah kenapa saya suka tebar-tebar pesona tanpa saya sadari, hm.. mungkin saya masih dalam fase siap untuk jatuh cinta, seperti keadaan yang saya tulis dalam tulisan sebelumnya. Dan, kemaren petang saya mendapat message dari orang yang saya suka. Selama ini kami hanya ngobrol lewat jejaring sosial dan sekenanya saja. Tapi message kemaren itu sepertinya lampu hijau, menurut otak saya. Pastinya saya senang dan segera membalas messagenya dengan euforia tingkat dewa.

Tiba-tiba si kampret – siapa lagi kalau bukan nurani – tiba-tiba nyeletuk dengan santai “don’t be over, boy… slow down” Dan gleg, saya langsung terdiam. Euforia seketika amblas. Sebenarnya, saya bisa saja sih mengabaikannya dan tetap mengikuti perasaan senang yang meluap-luap… Tapi akhirnya saya lebih memilih untuk menuruti si Nurani ini. Saya menghapus rentetan kalimat balasan yang membual-bual dan menggantinya dengan satu-dua kalimat santun yang biasa saja.

Memang sih sedih banget membunuh rasa gembira itu dan menggantinya dengan perasaan datar, tapi dari pengalaman yang terbahulu… Nurani ini sakti.. dia tau mana yang benar dan baik buat saya.

-End-

Image

Leave a Reply

