Hari Blogger Nasional dan Sumpah Pemuda – Tulisan Borongan

Selama saya nulis, saya nggak pernah tahu jika ada hari blogger nasional… sampai hari minggu kemaren, 27 Oktober 2013 di timeline twitter ramai dengan ucapan selamat hari blogger nasional. Saya lalu mengingat-ingat lagi tentang tulisan-tulisan saya di blog.

Pertama kali kenal blog adalah dengan http://www.multiply.com. Pada waktu itu saya lagi cari-cari mp3 gratisan dan nyasarlah saya di situs MP (multiply.com). Ternyata selain menyediakan lagu gratisan, MP adalah rumahnya para blogger juga. Saya mulai bikin akun dan mulai menulis. Jangan tanya tulisan saya apa, tentu saja tulisan ABG yang nggilani…#malu.

Seiring dengan berjalannya waktu, saya mulai belajar dari para blogger di MP. Cara menulis saya juga mulai berubah, sudah agak runut dan tidak melompat-lompat tapi masih saja ada kesalahan penulisan; seperti penulisan kata depan, penulisan akhiran dan awalan dan struktur bahasa lainnya. Tapi secara keseluruhan tulisan saya mulai kelihatan bagus… #maksa. Setahun kemudian, saya mulai mengenal blogspot dan wordpress. Kenalnya pun nggak sengaja… googling bokep #eh..

Nah, apa hubungannya hari blogger nasional dengan sumpah pemuda? Ini nih… dari sekian banyak blogger, rata-rata mereka masih muda. Beberapa dari mereka sangat menginspirasi saya. Mereka juga sangat mempengaruhi warna dan gaya saya dalam menulis.  Nah, untuk menghargai mereka, di hari Sumpah Pemuda ini saya mau bikin ulasan tentang blog-blog yang bagus dan inspiratif bagi saya.

  1. Yunaidi Tjoepoet. Saya pernah kalah berkompetisi dengannya di sebuah ajang travel blog competition. Tapi saya sadar, tulisannya sangat outstanding dan dia layak keluar sebagai pemenang. Sampai saat ini saya menjadi pengagum berat dan fans setianya.  http://www.ranselkosong.com Sebuah blog yang berisi catatan perjalanan seorang mahasiswa yang berdomisili di Aceh. Tulisan bergaya reportase berpadu dengan gambar sempurna sekelas fotografer handal menjadi paduan yang sempurna. Saya serasa membaca majalah sekelas National Geographic jika sedang berkelana di blog ini.
  2. http://duabadai.wordpress.com Semua tulisan…SEMUA… yang dibuatnya sangat seksi, termasuk foto dan cara dia ngeblog. Saya selalu geleng-geleng kepala jika membaca tulisannya. Diksi yang dipakai sangat sempurna, dengan aliran cerita yang seimbang membuat imajinasi saya berkelana nggak berhenti-berhenti. Aldi adalah penulis yang berbakat. Dia membuat tulisan lepas dan catatan perjalanannya dalam blog ini. Secara pribadi, saya kagum dengan kreatifitasnya ngeblog. Foto-foto, fiksi dan catatan perjalanan yang dibuatnya sangat kreatif, membuat saya seperti menghirup candu, pengen lagi.. lagi dan lagi…..
  3. Apa jadinya jika pikiran gila, keluar dari ruang normatif lalu dituangkan dalam tulisan? Jadinya ya http://avenk27.wordpress.com Banyak ide gila bermunculan setelah saya membaca isi kepala dari si empunya blog ini – melaui tulisannya tentu saja -. Jika tidak punya dasar hidup/ pola pikir yang kuat, jangan coba-coba baca blog ini. Kalau saya boleh bilang blog ini berisi materi pencuci otak yang ampuh, semakin jauh kita membaca… maka semakin terhipnotislah kita. Jika tidak punya pijakan yang kuat, niscaya kalian akan sukses tercuci otak.
  4. http://dailynomous.wordpress.com This fucking mysterious man.. Secara pribadi saya memujanya.  Tulisannya bernas dan sangat membuka wacana saya. Dia menulis melalui cerita, kadang juga melalui sebuah opini yang lugas. Memang terkesan vulgar dan bergaris keras, namun dibalik itu semua… tulisannya sangat dinamis… Kekuatannya dalam menulis sangat besar…  Sekali lagi saya memujanya, secara personal dan saya tidak peduli apakah dia setan atau malaikat.
  5. http://obendon.wordpress.com Adalah tulisan seorang traveler perempuan yang militan. Saya dibuat kalang kabut dan mencintai Aceh dengan serta merta gara-gara blog ini. Dari cara menulisnya saya yakin, dia orangnya humble. Saya selalu menungu-nunggu cerita dan tulisan di blognya. Salah satu blogger yang ingin saya temui… suatu saat.
  6. Dari tongkrongannya, saya berasumsi jika si empunya blog ini adalah anak teknik, tapi semoga saja saya salah😛.. semoga dia anak sastra rusia atau sastra perancis. Biar saya nggak minder-minder amat jika suatu saat saya ketemu dengan dia… Cerita sehari-hari yang dituangkan dengan lugas dan elegan membuat saya jatuh cinta pada blog ini. Jika membaca tulisannya, saya seperti sedang berada dalam ruangan kayu yang hangat lalu melihat ke arah jendela kaca di saat hujan, ditemani secangkir kopi dan untaian musik jazz dari gramaphone. Sederhana tetapi elegan, seperti itulah blog ini. http://kelamun.wordpress.com
  7. Apa jadinya jika seorang arsitek ngeblog? Saya bisa membayangkan betapa detil isi tulisannya! Dan ini bisa saya dapati di http://tindaktandukarsitek.wordpress.com  Blog ini adalah media belajar saya untuk mentransfer secara detail apa yang dirasakan panca indera ke dalam sebuah tulisan. Membaca blog ini ibarat nonton film dengan kualitas blueray…
  8. Saya adalah bocah kota yang haus berpetualang, sayangnya saya tidak mendapatkannya di masa kecil saya. Sewaktu saya menemukan blog ini rasanya senang sekali. Kisah petualangan masuk-keluar hutan, petualangan melawan babi hutan dan monyet, berburu telur burung liar adalah favorit saya. Saya bisa berjam-jam nongkrongin blog ini jika kangen masa kecil. http://sonofmountmalang.wordpress.com

Itulah delapan blog favorit saya. Entah kenapa saya punya keyakinan mereka ini sangat genuine. Saya sukaaaaa sekali.  Semoga suatu saat saya bisa berjumpa dengan mereka semua! Selamat hari sumpah pemuda! Selamat menulis para blogger muda!

6 thoughts on “Hari Blogger Nasional dan Sumpah Pemuda – Tulisan Borongan

  1. dan… salah satu blogger yang aku kagumi ini ternyata memang bukan anak teknik, tapi anak jurnalis.. aha… jadi gw nggak minder2 amat… wajar banget kalo anak jurnalistik pinter nulis ya kaaaan??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s