Just trash.

TCI-060914-PASSIONPAYCHECK

Mungkin saja saya kuliah salah jurusan. Atau memang hidup saya yang labil?

Latar pendidikan saya hanya menyumbang sekian persen dari pekerjaan saya sekarang yaitu berkomunikasi dengan bahasa Inggris, yang menjadi kewajiban untuk semua karyawan. Sedangkan pekerjaan yang menyangkut masalah manajemen, desain, dan keuangan saya dapatkan secara otodidak. Untung saja kantor tempat saya bekerja mengapresiasi dengan baik apa yang saya lakukan dan kerjakan. Entah motifnya untuk pengembangan SDM ataukah mumpung ada yang mau ngerjain? Hahahah…

Saya nggak pernah berfikir untuk mendesain sebuah kantor. Pekerjaan ini saya ambil ketika saya terpesona dengan kantor google yang kece itu, beberapa tahun silam. Hingga akhirnya saya berani mengajukan desain kantor untuk priincipal dan admin team di tempat saya bekerja. Tata ruang dan furniture saya yang kerjakan. Voila! Kapan lagi bisa membelanjakan uang orang sekehendak kita. Jadilah kantor minimalis dan semua orang suka. Saat ini saya sedang mengerjakan proyek perpustakaan. Saya merefurbish foyer dan tata ruang di dalamnya.

Saya juga tidak pernah berfikir untuk membuat lay out sebuah newsletter. Ketertarikan saya pada dunia desain grafis bermula ketika saya berteman dengan salah satu mahasiswa jurusan desain. Saya lihat hasil karyanya dan cara dia bekerja. Saya jadi tertarik. Sejak itu, mulailah saya belajar beberapa software, belajar fotografi secara benar dan membeli peralatan perang yang cukup menguras kantong saya pada saat itu. Alhasil, saya memberanikan diri untuk mengelola newsletter di tempat saya bekerja. Dan saya tidak keberatan pekerjaan saya bertambah.

Lalu saat ini saya sedang fokus pada pembenahan house keeping di unit saya. Kali ini agak sulit, karena berhubungan dengan manusia. Pengelolaan manusia menurut saya agak berat. Langkah awal saya adalah membenahi sistem yang ada. Namun namanya juga bekerja dengan manusia, butuh sesuatu yang lebih. Sabar lebih, pengendalian emosi lebih, kemampuan mendengarkan lebih, dll. Sebaik apa pun sistemnya, namun jika SDM yang melakukannya tidak konsisten, maka akan sia-sia. Perubahan yang saya lakukan ini agak membuat kehidupan sosial saya lebih dramatis. Saya dianggap cerewet, jahat, mata-mata yahudi, dll. Pokoknya yang jelek-jelek lah. Kali ini bukan saya yang mengajukan diri, tapi lebih ke pekerjaan yang dipercayakan kepada saya, job desc saya selain mengelola keuangan unit. Nah lo!

Berbicara masalah finansial. Pekerjaan utama saya adalah mengelola keuangan untuk unit saya. Mulai dari supply sampai audit. Kalo ini tidak terlalu berat karena ini adalah makanan saya sehari-hari meskipun background pendidikan saya tidak mendukung.

Jadi kesimpulan yang bisa saya ambil dari apa yang saya tulis di atas adalah, bahwa manusia punya kemampuan untuk melakukan sesuatu yang tidak dikuasainya. Entah terpaksa atau entah karena memang suka. Eh, tapi kalo urusan cinta bisa diaplikasikan juga nggak ya?

 

 

#endingnya ngehek banget wkwkwkwk

 

2 thoughts on “Just trash.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s