League Grip The Road

Bagi saya, dunia lari sudah menjadi kebutuhan. Kira-kira lima tahun yang lalu saya mulai giat berlari. Pada saat itu, motivasi saya berlari hanyalah untuk menurunkan berat badan. Jika melihat foto saya beberapa tahun yang lalu, saya jadi malu sendiri karena pantat dan perut saya berlomba saling mendahului. Sebuah prestasi bagi saya, dalam kurun waktu enam bulan, saya berhasil mencapai berat ideal dengan massa otot yang bagus, hanya dengan berlari.

Dahulu, di Surabaya hanya ada beberapa komunitas lari saja. Salah satunya adalah Kendos Runners yang berdiri pada tahun 2014 silam. Setelah jengah sebagai pelari solo, saya menetapkan pilihan untuk bergabung dengan komunitas ini. Ternyata berlari secara berkelompok lebih memotivasi saya untuk meningkatkan performa lari saya. Seiring dengan pamor olah raga lari yang naik dengan pesat, bermunculan komunitas-komunitas baru dengan ciri khas masing-masing di Surabaya dan kota-kota di Jawa Timur lainnya. Masyarakat penghobi lari semakin dimanjakan dengan banyaknya komunitas lari dengan pilihan-pilhan waktu dan lokasi berlari; Kendos Runners, Suwer, Happy Runners, Banker Clause, WeeRun, SPG Runners, MERR Runners, Indorunners (Surabaya-Tulungagung-Ponorogo), VyatRun, CNC, Delta Runners, Run Malang Run, Jember Runners, dan masih banyak lagi.

Banyak produsen aparel olahraga dan pelaku bisnis yang mulai concern dengan komunitas-komunitas lari di Surabaya. Salah satunya adalah produsen sepatu League dan Grand City Mall. League serius memperhatikan komunitas-komunitas lari di Surabaya dengan membentuk LRB (League Running Buddies) yang bisa diikuti oleh masyarakat Surabaya, baik pelari pemula atau pun yang sudah mahir. LRB bertujuan untuk memberikan pola latihan yang benar bagi para pelari. Selain mengurangi resiko cedera karena kesalahan berlari, LRB juga memberikan solusi bagi para pelari untuk mempersiapkan diri mengikuti event lari. Sedangkan Grand City Mall menyediakan tempat dan titik kumpul bagi komunitas lari yang akan berlatih.

5
LRB berlatih bersama
1
Perwakilan Komunitas Lari saat Press Con GTR

Geliat olahraga lari di Surabaya yang berkembang pesat mulai mencuri perhatian. Ratusan event lari diselenggarakan di Surabaya dan terbilang cukup sukses. Tahun 2016 ada beberapa event lari yang akan diselenggarakan, sedikit bocoran, event akbar “Grip The Road” juga akan digelar di Surabaya pada tanggal 29 Mei 2016. “Grip The Road” adalah event tahunan dengan jarak tempuh 10 kilometer bertema history dan chalenging yang diselenggarakan oleh produsen sepatu League.

Setelah dua tahun berturut-turut diselenggarakan di Jakarta, tahun ini Surabaya dipilih menjadi tuan rumah event lari tematik ini. Saya pikir keputusan penyelenggara memilih Surabaya sebagai kota tempat penyelenggraan “Grip The Road” sangat tepat, mengingat Surabaya adalah ikon sejarah, saksi bisu jiwa patriotik di masa perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

GTR 1
Grip The Road Kemayoran, Jakarta

Di Jakarta, Kemayoran dipilih sebagai lokasi event ini. Alasan dipilihnya lokasi ini adalah karena nilai sejarahnya sebagai bandar udara internasional pertama di Indonesia. Sedangkan di Surabaya, saya yakin penyelenggara akan kebingungan menentukan rute yang akan dipakai karena banyaknya pilihan tempat bersejarah di Surabaya seperti Hotel Oranje, Jembatan Merah, Gedung RRI, Gedung Cak Durasim, rumah kelahiran Bung Karno sang proklamator, Tanjung Perak, Kalimas, dan masih banyak lagi. Saya yakin, event lari “Grip The Road” kali ini akan lebih seru dari tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai warga Surabaya dan penghobi lari, saya sudah mendaftar menjadi peserta “Road The Grip” tahun ini. Tidak mungkin saya melewatkan event kece sekelas “Road The Grip”, apalagi kota saya menjadi tuan rumahnya. Saya yakin nanti, dalam event ini, personal best lari saya di jarak 10 K akan lebih baik. Pingin tahu rahasianya? Diam-diam saya juga sudah bergabung dengan LRB dan ikut latihan bersama teman-teman pelari dari seluruh Surabaya.

By the way, tahun lalu running tee dan medali dari event ini keren! Dengar-dengar dalam event “Grip The Road” kali ini akan ada hadiah khusus bagi peserta yang berkostum paling unik saat mengikuti event tersebut. Hm, saya jadi kepikiran mau pakai kostum apa pas lari nanti.

Penasaran mau ikut event lari ini? Klik saja griptheroad.com

Sampai jumpa di eveny Grip The Road nanti!

 

Meet one of your running buddies yg ganteng dan cantik di League Running Buddies, pasti bikin semangat lari.

 

Leave a Reply

