KENDOS 2nd Anniversary

IMG_4538.jpg

What comes in your mind when you see an iPhone? Barang mahal (untuk produk sekelasnya)? Canggih? Luxury? Lifestyle? Kalau saya sih, melihat Steve Jobs, Tim Cook, dan orang-orang di dalamnya.

iPhone dan produk-produk Apple lainnya sudah ditiru habis-habisan oleh kompetitornya. Ada banyak produk dari pabrikan lain yang bentuk dan kecanggihannya nyaris sama. Bahkan, mereka menjual lebih banyak dan mendapatkan profit yang jauh lebih tinggi dari Apple, si pembesut iPhone. Secara logika, dengan persaingan yang demikian ketat, Apple seharusnya sudah lama jatuh. Tapi nyatanya tidak, bahkan tahun ini mereka meraih indeks tertinggi penjualan gadgetnya.

Pada intinya saat saya melihat iPhone saya melihat kekuatan SDM dalam Apple. Produk Apple mungkin dicomot sana-sini, ditiru hingga detil-detilnya oleh pihak lain. Modal finansial bisa sama besar, bahkan mungkin lebih besar. Tapi hal-hal demikian tidak membuat Apple goyah, karena mereka mempunyai kekuatan SDM yang luar biasa dan tentunya spirit legacy yang diwariskan terus-menerus.

Saya adalah orang yang percaya dengan kekuatan sumber daya manusia. Saya melihat Apple itu seperti Kendos, komunitas lari di mana saya tergabung. Jika Apple berkembang sedemikian rupa karena Steve Jobs, Ronald Wayne, Steve Wozniak dan kini, Tim Cook, Kendos juga memiliki begitu banyak anggota dengan potensi yang luar biasa di dalamnya yang membuat Kendos menjadi komunitas lari paling aktif saat ini.

Jika saya ditanya, apa yang saya lihat dan bisa dibanggakan dari komunitas yang lebih dari 2 tahun ini saya kawal, dengan pasti saya akan jawab : ANGGOTA KENDOS.

Dari generasi pertama hingga generasi kesekian, saya melihat potensi-potensi luar biasa dalam Kendos. Ada yang berpotensi sebagai pemimpin, sebagai pemrakarsa, sebagai otak yang kreatif, sebagai corong, sebagai garda depan, sebagai pekerja, dan lain-lain. Layaknya Republik Demokrasi Lebah, masing-masing menjalankan tugasnya sesuai dengan porsi dan talentanya.

Alhamdulilah, di dalam Kendos ada sebuah kebudayaan “menawarkan pekerjaan”, bukan “memberikan perintah bekerja”. Ini yang membuat potensi-potensi itu muncul. Buktinya? Lihat saja pada perayaan ulangtahun kedua Kendos, yang kebetulan dirayakan tanggal 1 Mei 2016 lalu.

Ada yang berinisiatif untuk merayakan ulangtahun Kendos yang kedua, bola pun bergulir ditawarkan ke grup line: siapa saja yang mau jadi panitia ultah Kendos. Beberapa orang menuliskan namanya untuk menjadi voulenteer. Wow! Total jenderal ada 23 nama yang bersedia repot mempersiapkan hari besar ini.

Mulailah koordinasi dilakukan. Brainstorming, pengonsepan acara, plan pendanaan, hingga eksekusi pas hari H direncanakan dengan matang.

Pendanaan dilakukan secara swadaya. Selain banyaknya potensi-potensi yang sudah saya sebut di atas, ternyata anggota Kendos juga generous. Banyak yang menawarkan refreshment potluck dan sukarela memberikan uang tunai untuk kontribusi. Ada pula yang memberikan hadiah lomba dan beberapa medal hanger untuk dilelang bagi anggota kami yang sedang sakit.

Panitia juga membuat acara yang menakjubkan, mulai dari pre-celebration hingga celebration day. Kontes foto anti mainstream dan run mapping yang bertuliskan Kendos digelar beberapa hari sebelum celebration day. Treasure hunt (yang sebenarnya adalah pelajaran untuk saling bekerjasama) spesial dilakukan saat KERO, sebelum hari H. It was fun!

Puncaknya, adalah tanggal 1 Mei 2016. PETJAH!!!! (maaf, saya agak alay)

Saya tidak membayangkan undangan akan membludak sebanyak itu! Anggota Kendos hampir semuanya menyempatkan diri untuk datang ke acara ulangtahun komunitas mereka. Beberapa perwakilan dari komunitas olahraga lain juga datang, yang terjauh adalah dari Kediri! The Kediri Runners.

Acara dikawal oleh 2 MC kondang (mereka juga anggota Kendos lho! – another potential detected!). Ritual lari 2K diadakan sebagai peringatan ceremonial 2 tahun Kendos. Ucapan selamat dari komunitas lain berdatangan dari berbagai penjuru, karena mereka berhalangan hadir, maka mereka mengirimkannya dalam bentuk video termasuk juga video kiriman dari selebritis penggiat lari, Ibnu Jamil dan Melanie Putria.

Pada hari bersejarah ini, kepengurusan Kendos juga bergulir. Kapten Satria sudah habis masa jabatannya, dan melalui pemilu akbar Kendos, kapten baru terpilih. Hendika dan Bella memegang jabatan baru untuk satu tahun ke depan. Ini juga yang saya suka dari Kendos. REGENERASI.

Saya mau cerita sedikit tentang regenerasi. Regenerasi itu layaknya penjaga kelangsungan kehidupan. Kendos, agar bisa tetap hidup harus melakukan regenerasi. Saya ingat betul janji saya pada Kendos, bahwa saya hanya akan bekerja untuk Kendos selama 1 tahun, dan itu saya tepati. Kami memberi jalan pada generasi berikutnya untuk maju unjuk gigi. Setiap generasi memang berpotensi, tapi saya yakin, potensi itu akan usang dan stagnan. Entah oleh kejenuhan atau kepentingan pribadi yang berubah prioritas. Untuk itu harus ada generasi baru, yang akan selalu membawa perubahan dan kesegaran sehingga membuat komunitas ini tetap hidup dan dinamis.

Saya banyak belajar dari kehancuran komunitas-komunitas serupa karena tidak adanya regenerasi. Ini membuat saya berpesan pada Kendos agar tidak mendirikan ‘prasasti’. Kenapa? Karena Kendos nggak akan pernah maju jika terus terpaku pada prasasti. Pendirian prasasti akan membuat anggota Kendos bilang “Ah, enakan jamannya si A, atau si B” atau juga “Wah… Kendos dulu nggak kayak gini lho, dulu itu blah blah blah”. Semua ada masanya, ada positif dan negatifnya. Menengok sekali-sekali tidaklah salah, tapi jangan baper. Mendingan bikin spion daripada bikin prasasti.

Oke, lanjut. Pada hari itu, dilaunching juga jersey Kendos batch 3 dengan ‘rasa’ yang baru. Lebih gelap, tapi masih mengusung nuansa hijau, warna Kendos. Diperagakan oleh 2 model catwalk (another potential detected!) dan GM Monkasel.

Acara ditutup dengan pelepasan balon dan…. ZUMBA PARTY!!!!!! Dipimpin oleh para ratu Zumbanya Kendos.

Akhirnya, selamat untuk panitia ulangtahun Kendos yang kedua…. you ROCKS. Meskipun ada kesalahan-kesalahan dan clash kecil, anggap saja itu dinamika organisasi yang harus ditelan, bersamaan dengan kesuksesan yang kalian dulang. Keep up the good works.

Jo.

IMG_4537
PETJAH

IMG_4539

IMG_4535
Jersey Kendos batch 3

Leave a Reply

