I Can’t Find Good in Goodbye

CmmZqlMUkAEE9d1.jpg

Kekasih saya pernah heran, bagaimana saya bisa merasa sangat kehilangan ketika saya harus berpisah dengan seseorang atau sesuatu, padahal saya seorang traveler.

Mungkin menurutnya perpisahan dan pertemuan bagi seorang traveler adalah hal yang tidak akan membawa kesedihan karena seringnya terjadi, analoginya sama kayak seorang dokter yang nggak akan muntah melihat darah atau mayat, karena tiap hari dokter bergaul dengan itu. Well, I tell you, I’m not that kind of traveler.

Kata orang there’s a good in goodbye, tapi saya tidak pernah menemukannya. Perpisahan selalu menyisakan PR berhari-hari, bahkan berbulan-bulan lamanya, to deal with. Pertengahan April, saya memutuskan untuk melepaskan cinta saya. Saya sakit berhari-hari lamanya dan berujung pada sinusitis karena banyaknya cairan dalam rongga hidung- entah ingus atau cairan apa yang tidak bisa keluar. Saya harus dioperasi minggu ini.

Minggu lalu, saya dikejutkan dengan kabar sulmate saya yang akan pindah ke Batam. Saya pura-pura kuat. Tapi tiap malam saya berdoa buatnya dan bayangan kehilangan dia mengantui saya, tiap malam, sampai sekarang.

Lalu, beberapa hari yang lalu. Setelah lebaran berkumpul dengan sepupu-sepupu saya, my partners in crime saat saya masih kecil, saat kakek-nenek masih hidup, saya harus merelakan mereka kembali ke kotanya, menjalankan hidup dan meninggalkan saya di sini. Ada lubang dalam hati saya, ketika mengantar mereka ke bandara.

Tadi pagi, pertemuan singkat dengan teman baik yang mampir berkunjung menemui saya, hanya beberapa jam, meninggalkan sesak yang luar biasa dalam dada saya saat saya mengantarnya kembali ke stasiun Pasar Turi.

Ketika saya berpisah dengan orang-orang yang mengisi hati saya, saya tidak menemukan kebaikan dalam perpisahan itu. Mungkn baik untukmereka, tapi tidak untuk saya. Saya sangat kehilangan.

 

Minal Aidin wall Faidzin, teman-teman.

Mohon maaf lahir dan batin.

 

2 thoughts on “I Can’t Find Good in Goodbye

Leave a Reply

